Sabtu, 28 Mei 2011

Resensi Novel Dunia Kristal



Judul               : Dunia Kristal
Penulis             : Ria Jumriati
Penerbit           : Sheila
Tahun              : 2008
Tebal               : x + 150

Novel Dunia Kristal ini menceritakan kisah seorang gadis kecil yang menyandang autis, bernama Keisha, ceritanya dimulai ketika Keisha mulai menghuni dunia abstrak dan dunia misteriusnya yang tidak dapat dimengerti oleh orang normal disekitarnya, kecuali orang yang bernasib sama dengannya. Keisha beruntung memiliki ibu seperti Miranda yang mengasuhnya dengan sabar dan tabah dalam menghadapi perlakuan yang kurang menyenangkan dari masyarakat disekitarnya. Sementara ayahnya pergi begitusaja tanpa kabar, dan menjadi sesuatu yang misterius bagi keluarganya.
Suatu ketika Miranda bertemu dengan Aksa, Aksa adalah seorang lelaki yang datang kembali dari masalalunya Miranda. Pada saat pertama kali Aksa bertemu dengan Miranda, Aksa mencoba dapat akrab dengan Keisha, hal tersebut dilakukan karena Aksa masih mencintai Miranda dan berniat memilikinya. Akhirnya usaha yang dilakukan Aksa pun berhasil, sampai Miranda pun merasa bahwa Aksa lah yang akan menjadi kunci kebahagiaan bersama anaknya setelah Mayong (suami Miranda) pergi entah kemana, tapi Miranda sadar bahwa Aksa sudah menikah.
Pada akhirnya dengan alur kehidupan Miranda yang rumit dan berliku Miranda dan Keisha akhirnya menjadi bagian hidup Aksa, disaat Miranda menjalani hidup dengan Aksa, Keisha justru mengantarkan mereka pada sosok lelaki yang bernama Mario yang diduga ayah dari Keisha, karena kemiripannya bahkan memiliki ikatan batin dengan Keisha.

Keunggulan Novel Dunia Kristal yaitu:
·         cerita dalam novel ini mampu memberikan informasi kepada pembaca, mengenai bagaimana cara memperlakukan dan mengatasi anak autis.
·         Member pelajaran agar memiliki sifat sabar dalam menghadapi rintangan atau cobaan dalam menjalani kehidupan.
·         Penulis cukup sempurna menyajikan latar tempat dan suasana dalam dunia orang-orang autis.

Kelemahan Novel Dunia Kristal yaitu:
·         Kejadian yang timbul sesaat, membuat cerita dalam novel tersebut bertele-tele.
·         Cerita yang disajikan tidak fokus dalam satu konflik, tetapi novel ini menyajikan campuran-campuran cerita. Intinya novel tersebut tidak menampilkan cerita yang utuh/fokus.      

Topik Novel Dunia Kristal yaitu: Dunia Kristal

Tema Novel Dunia Kristal yaitu: seorang Ibu yang ingin dapat mengerti dunia autis anaknya.

Tokoh dalam Novel Dunia Kristal yaitu:
·         Keisha, Miranda (Ibu Keisha), Mayong (ayah Keisha), Mario, Mori, Aksa, Dion, Merry, Noni, Rani, Bu Dini, Pak Tono, Wilton, Dr. Stephen, Mbok Ipah, Dr. Ardiana, dan tokoh lainnya.

Alur Novel Dunia Kristal yaitu Maju, Mundur, Maju.

Setting Novel Dunia Kristal yaitu:
·         Dilingkungan rumah Miranda, di trotoar kota Jakarta, di sebuah bank, di toko berlian, di sekolah Keisha,  di Bandung, di Semarang, di tempat pesta ulangtahun Rania, dan dirumahsakit.

Amanat
·         Apabila kita mendapat cobaan, cobalah hadapi dengan penuh kesabaran, dan berusahan untuk merubah cobaan itu menjadi sesuatu yang membuat bahagia dan berharga, dari sebuah cobaan pasti aka nada hikmahnya dan akan membuahkan sesuatu yang membahagiakan.

1 komentar:

  1. This way my acquaintance Wesley Virgin's report launches in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" tactics that the CIA and others used to get whatever they want.

    These are the exact same methods tons of famous people (notably those who "became famous out of nothing") and top business people used to become rich and successful.

    You probably know that you only use 10% of your brain.

    That's really because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe this thought has even taken place INSIDE OF YOUR own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about seven years ago, while riding an unlicensed, beat-up garbage bucket of a car without a driver's license and with $3.20 on his debit card.

    "I'm very frustrated with going through life check to check! Why can't I become successful?"

    You've taken part in those types of questions, am I right?

    Your success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S SECRETS

    BalasHapus